FGD PT. Perhutani Anugerah Kimia Bersama Departemen Teknik Kimia UGM

 

Jogjakarta 1 Juli 2019

Atas inisiatif Dewan Komisaris PT PAK, pada tanggal 1 Juli 2019 terselenggara Focus Group Discussion mengenai derivate terpentin dan gum rosin Indonesia.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Dewan Komisaris PT PAK, Prof Naiem dan Bapak Suwandi Putra. Dari PT PAK hadir jajaran Direksi dan dari Departemen Teknik Kimia dihadiri oleh Kepala Departemen beserta Sekretaris Departemen beserta jajaran tim ahlinya: Prof Wahyudi, Prof Rochmadi beserta tim ahli Teknik Kimia. Masih ditambah lagi tim ahli dari PT Milatronikayaitu Bp. Martono dan Bp. Tribagus.

Hasil diskusi menyimpulkan bahwa potensi getah pinus di Indonesia sangat layak untuk dikembangkan. Bila dikembangkan dengan sungguh-sungguh potensi getah Indonesia seharusnya bisa diatas Brazil, namun harus tetap terjamin bahwa produksi tersebut tetap memperhatikan aspek kelestarian hutan dan lingkungan, bukan faktor ekonomi saja.

Peningkatan menjadi produk Derivat diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi produk. Saat ini Indonesia mengekspor bahan setengah jadi dan sebagian dari produk derivatnya diimpor kembali ke Indonesia.

Perlu menyamakan visi antara akademisi dengan Industri sehingga obyek penelitian bisa lebih terarah kepada ilmu terapan, yang dapat memajukan bangsa.

Diharapkan pertemuan seperti ini dapat ditindaklanjuti dengan kunjungan kePabrik agar ada gambaran lebih jelas dan lebih nyata bagi akademisi untuk melakukan riset yang tepat bagi kemajuan dunia industri.

 

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *